KEsatuan akSI Anak iPA

discuss 'bout our major, SCIENCE !
 
HomePortalCalendarFAQSearchRegisterLog in
Log in
Username:
Password:
Log in automatically: 
:: I forgot my password
Top posters
Devian Madsen (269)
 
kyopprinssu (215)
 
cebe (153)
 
aritsiduy87 (152)
 
si Mp.. (141)
 
den. ok (110)
 
zerbaton99 (91)
 
Rivan_xi-IPA-1 (26)
 
sachya :p (22)
 
MVP_Maniak (17)
 
Search
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search

Share | 
 

 KOMPETISI BLOG

Go down 
AuthorMessage
kyopprinssu
vice-principals
vice-principals
avatar

Female Number of posts : 215
Age : 26
Location : kyuhyun's heart
Registration date : 2009-02-06

PostSubject: KOMPETISI BLOG   Tue Apr 21, 2009 10:33 am

Lakukan apa yang bisa kita lakukan :)

Sekarang, banyak sekali hal hal yang mendukung go green. Entah itu di dukung oleh perusahaan, kelompok, atau masing masing individu. Semuanya bersemangat untuk menyelamatkan bumi.

Terkadang kita saking terlalu bersemangatnya mendukung kampanye penyelamatan bumi –tentu dengan hal hal yang besar yang menurut kita bahkan mungkin tidak dapat kita lakukan-, kita sampai lupa bahwa ada yang bisa kita lakukan tanpa harus melakukan hal hal yang begitu besar. Ada banyak cara sederhana yang juga dapat membantu menyelamatkan bumi.


Ironi
Ya, tentu saja karena terlalu bersemangat mendukung kampanye tersebut dengan hal hal yang besar, sekelompok orang lupa apa sebenarnya maksud dari penyelamatan lingkungan. Bahkan mungkin mereka sebenarnya hanya ingin mendapatkan perhatian dari publik.

Ada kejadian lucu ketika saya menemukan keanehan di jalan yang saya lalui ketika pulang sekolah.

Kebetulan jalan yang saya lalui adalah jalan di sebuah daerah sektor yang elite dan besar. Saya menemukan sebuah spanduk besar mendukung lingkungan hijau. Inti bunyinya “Daerah Sektor A Mendukung Lingkungan A yang Hijau”. Saya sempat kagum. “Wah, hebat banget mau dukung lingkungan hijau.” Apalagi saat itu memang kondisi lingkungan sangat membutuhkan penghijauan dan lebih banyak lagi pohon. Tapi baru saya selesai mengomentari spanduk itu, tidak berapa jauh dari tempat spanduk itu di pajang, ada penebangan pohon secara masal. Padahal pohon pohon yang ditebang adalah pohon pohon yang berada di pinggir jalan sebagai fungsi meneduhkan jalan yang notabene adalah tempat tempat gersang. Pohon dipinggir jalan itu juga berfungsi melakukan penyerapan air. Karena di bahu kanan jalan terdapat sungai kecil.

Saya tertawa meringis. Kenapa mereka sebegitu ceroboh melakukan hal itu. Bukankah mereka mendukung lingkungan hijau? Kalau mereka memang tidak mau mendukung, kenapa harus memajang spanduk itu? Ironis ya.


Hal hal sederhana
Perubahan besar berawal dari awal yang sederhana. Kalimat itu harusnya menjadi pegangan kita buat berubah menjadi yang lebih baik. Tidak usah merealisasikan hal hal besar kalau diri kita sendiri saja belum bisa melakukan hal sederhana yang justru merupakan pondasi merubah kebiasaan.
Kita bisa menyematkan bumi dengan melakukan hal hal yang bisa kita lakukan sendiri.

Contoh lah, kalau selama ini kalian sering menggunakan tissue ketika pilek, sekarang coba deh menggunakan sapu tangan. Selain ngga bikin banyak sampah, sapu tangan juga bisa digunakan berkali kali. Terus budjet yang dibutuhkan buat beli tissu juga bisa disimpan deh.

Atau cara lainnya bisa kalian lakukan dengan menghemat kertas. Hayooo, ngakuu.. Kalian sering ngga coret coret di halaman belakang buku tulis kalian? Atau kalian sering ngga coret coret sesuatu di kertas hvs kosong gara gara iseng aja?

Nah, daripada kalian coret coret di kertas yang masih bisa digunakan buat hal hal yang lebih berguna lebih baik kalian coret coret di kertas yang sudah tidak digunakan lagi.

Contohnya, kalian bisa membongkar buku buku tulis bekas waktu kalian SMP atau mungkin SD. Nah, pasti ada halaman halaman kosong yang sudah tidak digunakan lagi. Kalian sobek kertas kertas yang masih kosong, kemudian kalian kumpulkan. Sudah kalian kumpulkan semuanya, kalian bikin deh buku baru dari kertas kertas tersebut. Jadi, kalian bisa deh menggunakan buku baru bikinan kalian buat coret coretan.

Atau mungkin kalian bisa tanya ke mama, papa, atau pembantu kalian ada kertas hvs bagian depannya sudah digunakan tapi bagian belakangnya masih kosong dan sudah tidak terpakai lagi. Kalian bisa gunakan kertas itu untuk coret coretan kalian.

Dengan melakukan hal sederhana seperti 2 contoh diatas (tissue dan kertas) kalian akan bisa menyelamatkan banyak pohon pohon di Indonesia. Karena bahan baku dari tissue dan kertas adalah pohon.


Go Green tidak harus pohon
Kalau di terjemahkan, Go green berarti Maju Hijau. Nah, pasti kita berpikir hijau itu sama dengan pohon. Padahal belum tentu hijau dilambangkan dengan pohon. Hijau itu warna yang melambangkan kesejukan, kedamaian, dan alam.
Nah, dengan adanya Go Green! Kita bisa menjadikannya acuan untuk membuat lingkungan di sekitar kita lebih nyaman. Tidak ada sampah, asap, dan polusi polusi lainnya yang membuat kita merasa tidak nyaman.

Kita bisa mulai sekarang melakukan hal hal tersebut seperti tidak membuang sampah sembarangan. Sederhana. Bahkan kalimat tersebut sudah kita dengar dari kecil. Tapi apa kalian sudah melakukannya? Misalnya ketika kalian sedang berada di jalan. Saat itu kalian memang sedang makan jajanan yang kalian beli di sekolah. Kemudian setelah makanan itu habis, apa plastik bekas makanan tersebut kalian buang pada tempatnya? Apa plastik itu kalian simpan di tas kemudian ketika kalian sudah menemukan tempat sampah baru kalian buang? Dengan kalian membuang sampah pada tempatnya, kalian bisa menjaga tempat tempat umum menjadi lebih bersih dan lebih nyaman.

Nah, buat yang suka merokok nih. Sekarang kan sudah banyak tempat tempat khusus perokok. Kenapa kalian masih suka merokok di tempat tempat umum? Mengganggu loh. Asap rokok yang kalian keluarkan akan membuat orang lain sumpek mendadak. Dengan merokok di tempat tempat yang disediakan, akan membantu mengurangi asap polusi yang ada di masyarakat.


Bagian Akhir
Sekarang kita sama sama mengintrospeksi diri. Hal hal apa saja yang sudah kita rubah untuk menyelamatkan indonesia kita, menyelamatkan bumi kita.

Percuma kalau kita hanya berbicara saja tapi tidak dilakukan. Kita sangat perlu segera melaksanakan program program go green! Lakukan dari diri kita sendiri. Lakukan dari hal terkecil. Lakukan dari sekarang.





komen pliis. udah gitu kalo ada kalimat ato kata yang masih salah, kasih tau yaa piiss

_________________
cause i can't stop thinkin' 'bout you, boy!



makin ngga kuat ngeliat suami gw.
uri PRINSSU nomu kyopta!
Back to top Go down
http://kesiapa.forumotion.net
aritsiduy87
Teacher
Teacher
avatar

Male Number of posts : 152
Age : 26
Location : Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan
Registration date : 2009-02-09

PostSubject: Re: KOMPETISI BLOG   Thu Apr 23, 2009 12:15 pm

Isfi, kapan dikirim itu blog.
Tengah Mei dah ditutup loh...
ya yo ma men

_________________
Saatnya SMAN 87 berjaya di Jakarta !!!!
Semangat....pantang minggat !!!!
Back to top Go down
kyopprinssu
vice-principals
vice-principals
avatar

Female Number of posts : 215
Age : 26
Location : kyuhyun's heart
Registration date : 2009-02-06

PostSubject: Re: KOMPETISI BLOG   Thu Apr 23, 2009 6:20 pm

kata kata gw ada yang salah ngga, dis?
gw masih mau konfirmasi dulu ke pak ma'mun.
kan katanya suruh di diskusiin dulu sama guru bahasa. piiss

_________________
cause i can't stop thinkin' 'bout you, boy!



makin ngga kuat ngeliat suami gw.
uri PRINSSU nomu kyopta!
Back to top Go down
http://kesiapa.forumotion.net
aritsiduy87
Teacher
Teacher
avatar

Male Number of posts : 152
Age : 26
Location : Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan
Registration date : 2009-02-09

PostSubject: Re: KOMPETISI BLOG   Sat Apr 25, 2009 5:55 pm

Oohh, mau konsultasi dulu ya.... blahblahblah

_________________
Saatnya SMAN 87 berjaya di Jakarta !!!!
Semangat....pantang minggat !!!!
Back to top Go down
Sponsored content




PostSubject: Re: KOMPETISI BLOG   

Back to top Go down
 
KOMPETISI BLOG
Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Request for a personal prophecy
» BAOR BARRACK DESIGNS
» Skinny Girl Trapped
» BLOG REPORT: "Little hands" (Down's syndrome)
» Coming Apocalypse Paul Begley with the Hagmanns

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
KEsatuan akSI Anak iPA :: THAT'S YOU :: FANFIC-
Jump to: